Senin, 08 November 2010

Merencanakan Masa Depan

Untuk membuat perencanaan keuangan yang baik, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Yaitu proses mengidentifikasi tujuan keuangan, mempelajari alternatif, eksekusi rencana, dan evaluasi rencana. Perencanaan keuangan adalah proses dinamis dimana bukan hal yang tidak mungkin untuk mengembangkan rencana yang sudah dimiliki atau mengambil alternatif lain sebagai strategi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 Langkah pertama dan yang paling penting adalah melakukan identifikasi tujuan keuangan. Biasanya sebuah keluarga memiliki kebutuhan dasar seperti memiliki rumah sendiri, pendidikan anak dan dana pensiun. dari berbagai tujuan coba buat prioritasnya dengan mempertimbangkan urgensi dan target jangka waktu.

Setiap keluarga memiliki skala prioritas yang berbeda. Namun dana pendidikan anak  akan menjadi prioritas utama untuk perencanaan jangka panjang sebelum memikirkan dana pensiun. Sedangkan jangka pendeknya pembelian rumah dan kendaraan akan menjadi prioritas. Selain menentukan tujuannya apa saja, membuat perkiraan jangka waktu dan perkiraan biaya perlu juga dipikirkan.

Setelah mengetahui kapan dan berapa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah mempelajari alternatif apa saja yang tersedia. Apakah dengan memiliki asuransi pendidikan, asuransi pensiun, berinvestasi dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar